Ilmuwan Ciptakan Trombosit Buatan

5:31 PM
Sains - Teknologi baru dapat membantu darah lebih cepat membeku. Teknologi itu mengurangi orang kehilangan darah yang mengancam keselamatan nyawanya, seperti tentara yang bertempur di medan perang.

Para ilmuwan membuat biomaterial baru yang meniru fungsi trombosit yaitu komponen darah yang membantu pembekuan atau penyegelan luka. Dalam penelitian pada hewan, platelet buatan itu ditambah kerja trombosit alami, mengurangi waktu pembekuan sebesar 30 persen dan kehilangan darah sebanyak 40 persen.

Demikian dikatakan para peneliti pada pertemuan tahunan American Association for the Advancement of Science, 15 Februari 2013. Trombosit buatan dapat dibeku-keringkan. Anggota militer bisa membawa mereka ke medan perang dan menyuntikkan cairan buatan itu kepada tentara yang terluka. Sehingga pendarahan dapat dihentikan.

"Kemungkinan mereka bertahan hidup pun meningkat," kata peneliti Thomas Barker, seorang profesor di departemen teknik biomedis di Georgia Tech.

Namun, banyak penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menguji trombosit buatan dalam masyarakat dan mengembangkan teknologi yang akan memungkinkan material yang akan diangkut dan digunakan di medan perang.

Ketika disuntikkan ke dalam tubuh, trombosit buatan beredar dalam aliran darah tetapi tidak mulai bekerja sampai mereka telah mencapai luka. Sesampai di luka, trombosit buatan itu diaktifkan protein yang sama yang memicu pembekuan darah alami. Kebutuhan pemicu penting. Jika trombosit buatan tidak memerlukan pemicu alami, bekuan darah yang berbahaya bisa terbentuk di seluruh tubuh.

“Ketika dipicu, platelet (trombosit) buatan yang diaktifkan mengubah bentuknya, dari licin, berbentuk cakram partikel menjadi film tipis yang membantu menutup luka,” kata Barker.

Karena trombosit buatan menemukan luka dengan sendirinya, pengguna tidak perlu tahu di mana terjadi perdarahan pada orang sehingga pengobatan bisa bekerja. Ini akan membuat trombosit terutama berguna untuk luka dalam.

Masih belum jelas berapa lama trombosit buatan dapat bertahan dalam tubuh. Tetapi jika mereka dapat bertahan selama beberapa periode, mungkin mereka dapat digunakan sebagai profilaksis, pencegahan dalam kasus terjadinya cedera.

Barker dan rekan tidak secara khusus menetapkan membuat trombosit buatan dalam penelitian mereka. Mereka hanya sengaja menemukan materi setelah menggabungkan dua proyek di laboratorium mereka. Mereka menyadari bahan yang dihasilkan bertindak dengan cara yang sangat mirip dengan trombosit.

Para peneliti berharap untuk merancang trombosit buatan yang bisa mengarahkan penyembuhan luka dengan melepaskan sinyal kimia tertentu, sehingga mengurangi ketakutan.

Jika semua berjalan dengan baik dalam proses penelitian dan pengembangan, Barker memperkirakan perangkat dengan trombosit buatan dapat tersedia dalam 3 sampai 5 tahun.